Studi tunjukkan iphone lebih rentan daripada smartphone android


 - Sebuah studi terbaru menunjukkan kualitas keamanan sistem operasi iOS dengan Android. Meski iPhone memakai sistem tertutup namun diklaim lebih rentan daripada smartphone Android, Windows Phone dan BlackBerry.


Studi tersebut dilakukan pada awal Maret oleh SourceFire yang meneliti kelemahan semua smartphone di dunia. Mereka menemukan ada 210 titik rawan pada iPhone. Angka itu sebesar 80 persen dari total nilai kerentanan pada perangkat mobile. Sedangkan gabungan Android, Windows Phone dan BlackBerry "hanya" memiliki nilai 19 persen.

Yves Younan, kepala tim penelitian, mengaku juga terkejut melihat hasil ini. Namun temuan ini juga menarik karena Apple mengklain terus memperkuat fitur keamanan di update terbaru iOS.

Tingginya kerentanan pada iOS ini diduga karena tingginya popularitas Apple. Ketatnya Apple mengontrol sistem operasinya juga membuat para hacker semakin tertantang mencari celah untuk dimasuki. Alhasil serangan bertubi-tubi membuat iOS paling rentan dan terus meningkatkan sistem keamanannya.

Sedangkan keterbukaan sistem Android membuat para hacker tidak berminat membobol keamanannya. Pasalnya, tanpa perlu susah-susah perangkat Android lebih mudah disusupi melalui aplikasinya yang bebas. Sedangkan keamanan sistem di Windows Phone tetap tinggi karena tidak populer sehingga tak menarik minat hacker. (wk/mr)


0 komentar:

Posting Komentar